Gelandang Bertahan Terbaik Dunia, Inilah Deretannya

Nama gelandang bertahan terbaik biasanya memang tidak sering diperbicangkan seperti pemain penyerang terbaik, namun bukan berarti posisi ini menjadi tak menarik. Gelandang tengah bertahan juga menarik untuk diperbicangkan karena mereka mempunyai fungsi yang vital dalam permainan sepak bola.

Sepak bola tak hanya tentang mencetak gol di gawang lawan namun juga tentang bagaimana mempertahankan gawang agar aman tidak dijebol lawan. Itulah tugas penting gelandang bertahan. Gelandang bertahan atau kerap disebut gelandang jangkar adalah pusat transmisi pertandingan.

Mereka juga dituntut menjadi pemain yang keras dan tangguh. Serta mampu memotong bola lawan, takle akurat, antisipasi yang bagus serta lincah. Para pemain di posisi ini biasanya memiliki tubuh tinggi dan kuat. Berikut deretan pemain gelandang bertahan terbaik dunia:

1. Casemiro

Pria asal Brazil ini disebut-sebut sebagai gelandang bertahan berkemampuan komplit. Karena, selain mampu mempertahankan gawang dari bola lawan, dirinya kerap kali menyumbangkan gol untuk timnya.

READ  Nama Pemain Bola Islam Terkenal, Ini Daftarnya

Pemain yang sebelumnya hanya menjadi pemain cadangan ini, dibawah pelatihan Zinedine Zidane namanya mulai mencuat. Zidane mampu membaca kemampuan Casemiro sehingga ia sering mendapat  tempat di tim utama. Bahkan pria kelahiran 1992 ini menjadi sorotan saat Madrid menjuarai La Liga.

2. Joshua Kimmich

Bibit unggul sebagai gelandang bertahan terbaik terdeteksi dari Joshua Kimmich. Meski usianya masih muda, ia sudah menjadi perhatian dunia sepak bola berkat kemampuannya. Pasalnya pria kelahiran 1995 ini handal dimainkan dalam berbagai macam posisi seperti sayap kanan, bek kanan, bek tengah serta gelandang bertahan. Kemampuannya disebut-sebut setara dengan Phillip Lahm.

Meskipun pernah dikatakan tidak cukup baik oleh pelatihnya dulu, Kimmich terus berlatih untuk mengobati sakit hatinya tersebut. Berkat kerja keras dirinya mampu membuktikan bahwa ia layak. Pemain muda ini masih memiliki waktu panjang untuk terus membesarkan namanya

3. Fabinho

Nama Fabinho langsung melejit saat pertama bergabung di Liverpool pada 2018. Debut kompetitifnya menjadi perhatian para pengamat bola saat itu. karena ia harus menggantikan pemain lain dalam permainan.

READ  6 Pemain Bola Terpendek di Dunia

Di tahun pertamanya, pada tanggal 17 Desember ia dinobatkan sebagai Carlesberg Man of The Match atas penampilannya yang apik saat melawan Manchester United di Anfield. Pada tahun pertamanya juga, lelaki kelahiran 1993 ini berhasil mencetak gol pertamanya untuk Liverpool pada tanggal 28 Desember menang 4-0 melawan Newcastle United.

4. Rodri

Masuknya Rodri ke Manchester City sempat menjadi bahan perbincangan. Lantaran pria kelahiran 1996 ini tidak populer di mata para pengamat bola. Pembelian Rodri oleh Manchester City dari Atletico Madrid juga mengocek saku yang cukup dalam.

Harga memang menentukan kualitas. Seiring berjalannya pertandingan Rodri terus memperlihatkan kemampuannya. Manchester City tentunya tidak kecewa memilih Rodri bergabung dengan mereka. Rodri berhasil menyempurnakan kembali Mancester City, ia mampu mengisi kekosongan Fernandinho.

Kemampuan passing bola, memutus aliran bola lawan sangat apik serta kemampuan operan bolanya juga akurat. Dirinya juga disebut-sebut sangat cocok dengan Pep Guardiola. Hal inilah yang membuat Rodri masuk dalam deretan gelandang bertahan terbaik.

READ  Pemain Bola Bertato yang Terkenal di Eropa

5. Wilfred Ndidi

Karir Wilfred Ndidi masih sangatlah panjang dalam dunia sepak bola. Namanya memang belum sepopuler gelandang bertahan lainnya, namun permainannya juga tidak kalah kuat dan akuratnya. Bergabungnya Wilfred Ndidi ke Leicester City menjadi beban berat. Pasalnya dia harus mengisi kekosongan N’Golo Kante yang berpindah ke Chelsea.

Wilfred Ndidi berhasil membuktikan bahwa ia layak bergabung bersama Leicester City. Pada permainan pertamanya ia digadang menjadi pilar penting Leicester City. Bahkan ada yang menilai bahwa ia lebih baik daripada Kante.

Para gelandang bertahan terbaik ini masih memiliki karir yang panjang karena usianya yang muda. Bahkan bisa saja mereka menjadi legenda gelandang bertahan terbaik dunia di massa mendatang. Para gelandang ini juga tentunya menjadi inspirasi bagi pencinta sepak bola.

You May Also Like

About the Author: Sakura Kireina