Julukan Klub Sepak Bola yang Familiar

Julukan klub sepak bola ternyata diperlukan untuk meningkatkan motivasi pemain maupun untuk membuat lawan terintimidasi. Julukan yang familiar untuk beberapa tim papan atas umumnya sudah dikenal luas oleh para pecinta sepak bola. Penggemar bola bisa melihat daftar julukan klub yang ada di bawah ini untuk menguji seberapa jauh julukan klub papan atas yang familiar dikenal:

1. Setan Merah

Klub yang berjuluk Setan Merah adalah Manchester United. Siapa sangka julukan klub sepak bola Manchester United pada mulanya bukan milik mereka namun milik dari klub bola rugby yang berasal dari kota Manchester juga. Klub bola rugby ini memenangkan seluruh laga ketika bertandang di kandang lawan Prancis. Karena itu media Prancis menyematkan julukan Setan Merah kepada klub rugbi dari Manchester, Inggris.

Sir Matt Busby adalah orang pertama yang menggunakan julukan Setan Merah untuk klub sepak bola Manchester United. Beliau beranggapan julukan Setan Merah itu bisa membuat lawan dari klub yang pernah dibela oleh David Beckham ini ciut nyalinya. Fakta ini didukung oleh seragam Manchester United yang berwarna merah menyala.

2. Si Nyonya Tua

Julukan klub sepak bola yang meraih gelar scudeto berulang kali, Juventus adalah Si Nyonya Tua. Jika julukan Setan Merah membuat lawan keder, apa bagusnya julukan Si Nyonya Tua? Ternyata ini berasal dari sejarah yang panjang. Juventus dalam bahasa latin memiliki arti pemuda. Tetapi tidak bisa dipungkiri klub sepakbola ini sudah berusia tua.

Pada tahun 1930-an publik Italia memanggil klub Juventus dengan sebutan “Nyonya”. Dari sinilah julukan Si Nyonya Tua berasal. Jadi Juventus Si Nyonya Tua kurang lebih maknanya adalah pemuda-pemuda kesayangan yang telah memiliki pengalaman dan kematangan penuh walau masih berusia muda.

3. Putra Sang Dewa

Putra Sang Dewa adalah julukan klub sepak bola nomor satu Belanda Ajax Amsterdam. Ajax sendiri dalam kisah mitos Yunani adalah cucu dari Dewa Zeus, anak dari Dewa Telamon. Ajax sendiri dikisahkan sebagai seorang yang urat takutnya sudah putus, dia adalah tokoh penting dalam semua peperangan yang dihadapinya.

4. Kaisar Roma

Kaisar Roma adalah julukan bagi klub sepakbola Chelsea dari daerah Fulham di Kota London, Inggris. Julukan disematkan karena Chelsea pernah dimiliki oleh Roman Abramovich. Klub Chelsea sebenarnya punya julukan lain yaitu Biru yang Sejati atau Biru yang Sebenarnya. Bahkan penggemar Chelsea juga punya julukan yaitu Si Biru atau Biru Sejati juga. Untuk penggemar Chelsea yang sangat fanatik ada julukan tersendiri yaitu: Chelsea Headhunters.

5. Madridistas

Madrisdistas adalah julukan klub yang bisa dibilang paling kaya di dunia, Real Madrid. Julukan ini tentu ada hubungannya dengan kota asal klub ini yaitu Madrid, ibukota Spanyol. Madridistas sendiri mempunyai arti seseorang yang bermain untuk Madrid.

Kata “Real” sendiri pada mulanya adalah semacam gelar kehormatan yang diberikan oleh Kerajaan Spanyol lewat Raja Alfonso XIII pada tahun 1920. Lambang mahkota pada lambang klub juga pemberian dari kerajaan.

Klub Real Madrid sendiri memiliki julukan lain yaitu Si Putih (Los Blancos – dalam Bahasa Spanyol) yang menunjukkan kenyataan bahwa Real Madrid adalah satu-satunya klub yang diperbolehkan memakai seragam putih-putih tanpa warna lain. Dulu pernah seragamnya ada garis biru tetapi sekarang sudah kembali putih polos.

Demikianlah julukan klub sepak bola yang familiar yang pasti sudah tidak asing bagi para pecintanya. Julukan sendiri bisa berdampak positif atau negatif tergantung dari arti julukan tersebut. Karena itu suatu tim sepak bola pun harus berhati-hati dalam menyikapi julukan yang mereka pakai atau yang disematkan kepada klub.

About the Author: Sakura Kireina