6 Pemain Bola Terpendek di Dunia

Ada suatu masa ketika sepak bola dianggap sebagai permainan untuk orang-orang bertubuh besar dan tinggi. Namun zaman sudah berubah, postur tinggi besar bukan lagi pertimbangan untuk bertanding di lapangan. Kini, banyak pula bintang lapangan yang hanya memiliki tinggi badan rata-rata atau malah dikategorikan pendek. Seperti tujuh pemain bola terpendek di dunia berikut ini:

1. Élton José Xavier Gomes  (154 cm)

Dengan tinggi 154 cm, Elton Jose Xavier Gomes masuk dalam urutan pertama dari kategori pemain bola terpendek di dunia. Gomes adalah pemain Brasil yang bermain sebagai gelandang serang untuk klub Saudi Al-Wehda.

Gelandang bertubuh mungil ini juga bermain untuk tim Rumania Steaua Bucuresti pada 2007. Terlepas dari ukuran tubuhnya, penampilan dan teknik bermainnya di atas lapangan-lah yang membuatnya dipertimbangkan. Teknik dan dribblingnya yang unik membuatnya menjadi favorit penggemar, begitu pula gaya afro khasnya.

READ  5 Pemain Bola Wanita Tercantik di Indonesia

2. Daniel Alberto Villalva Barrios (154 cm)

Daniel Villalva berada dalam urutan kedua sebagai pesepakbola dengan postur tubuh pendek. Pemain berkebangsaan Argentina ini adalah striker untuk Goias Esporte Clube di Brasil. Selain sebagai pemain terpendek di tim, Villalva juga memiliki perbedaan unik lainnya. Pada tahun 2009, ia menjadi pemain termuda yang bermain untuk River Plate pada usia 16 tahun. Dia juga pernah tampil untuk Argentina di Piala Dunia U-17 2009.

3. Marcin Garuch (155 cm)

Marcin Garuch yang memiliki tinggi 155 cm menempati posisi ketiga sebagai pemain bola terpendek di dunia. Warga negara Polandia ini bermain untuk klub bernama Miedz Legnica di Puchar Polski. Garuch dikenal sangat baik dalam situasi permainan bola mati dan menggunakan ukuran tubuhnya untuk menggerakkan bola dengan cepat ke arah depan. Pesepakbola berambut cokelat ini telah bermain selama bertahun-tahun di tanah kelahirannya. Beberapa kali dia ikut bertanding di liga resmi sepak bola Polandia.

READ  Pencetak Gol Terbanyak Liga Champion 2020/2021

4. Jafal Rashed Al-Kuwari  (155 cm)

Dengan tinggi 155 cm, Jafal Rashed Al-Kuwari merupakan pesepakbola terpendek pada di posisi keempat. Di lapangan, dia bermain sebagai gelandang untuk tim Qatar Al-Sadd. Al-Kuwari pensiun pada tahun 2009 setelah pertandingan perpisahan melawan AC Milan.

Meski bertubuh pendek, dia berada di posisi penting sebagai kapten tim nasional Qatar. Setelah pensiun dari lapangan hijau, kini dia bermain sepak bola pantai untuk tim nasional. Al-Kuwari telah membuktikan diri, bahwa untuk menjadi pemain sepak bola professional, postur tubuh bukan masalah penting.

5. Benedict Vilakazi (157 cm)

Benediktus Vilakazi merupakan pemain bekebangsaan Afrika Selatan. Dengan tinggi badan 157 cm, dia berada di urutan enam dalam daftar pemain bola terpendek di dunia. Vilakazi  ikut bertanding untuk timnas dalam Piala Dunia 2006. Saat pertandingan melawan Jerman, dia tidak gentar menunjukkan ketrampilan di lapangan, meski menghadapi lawan main yang jauh lebih tinggi. Dengan kegigihannya itulah dia menjadapat julukan “Napoleon Kecil”. Sangat disayangkan, akibat terlibat skandal seks karirnya sebagai pesepakbola berakhir. Vilakazi kini telah pensiun sebagai pemain bola professional.

READ  Pemain Bola Bertato yang Terkenal di Eropa

6. Madson Formagini Caridade (157 cm)

Dengan tinggi badan 157 cm, Madson Formagini Caridade berada dalam urutan tujuh dalam daftar pesepakbola terpendek. Meski berkaki pendek, pesepakbola ini memiliki deretan karir sepak bola yang cukup panjang.

Pemain asal Brasil ini memulai karir mudanya pada tahun 2004 di Volta Redonda tetapi tidak bertahan lama. Dia melanjutkan karir seniornya pada tahun 2006 di club Vasco da Gama dan sejak itu telah bermain di seluruh dunia. Pengalamannya dilapangan, berhasil membantu membangun reputasinya sebagai reputasi sebagai penyerang tanpa henti, dan seniman luar biasa dalam permainan bola mati.

Dari tujuh pemain bola terpendek dunia di atas, dapat disimpulkan, bahwa bentuk fisik bukanlah masalah dalam urusan ketrampilan. Tentunya, untuk mendapatkan ketrampilan luar biasa itu, para pesepakbola tersebut juga melakukan usaha keras dalam berlatih dan mengembangkan diri.

You May Also Like

About the Author: Sakura Kireina